Tips Mengatasi Stress di Tempat Kerja

Deadline mendadak? Workload tak kunjung usai? Konflik dengan sesame kolega? Ya, hal-hal tersebut kadang menjadi salah satu pemicu stress saat kita sedang berada di tempat kerja. Gak bisa dihindari memang, karena hal-hal tersebut sudah menjadi rutinitas di tempat kerja. Hal yang bisa dilakukan hanyalah cara kita mengatasi stress saat di tempat kerja.

Stres kerja tidak jarang justru bisa membawa seseorang ke dalam hidup yang tidak sehat. Mulai dari banyak makan atau ngemil secara tidak sehat guna melampiaskan rasa stres, melewatkan waktu makan, kurang tidur, mengonsumsi minuman beralkohol, atau bahkan menjadi lebih sering merokok.

Nah, jangan biarkan stress merenggut kebahagiaan jasmani dan rohanimu ya, pals! Karena kita semua berhak kok mendapatkan kedamaian dan kebahagian meskipun dalam tekanan saat di tempat kerja. Simak beberapa tips berikut agar stress tidak terus-terusan merenggut kebahagiaanmu

 

  1. 1.     Kenali Batas Diri

Mengenali diri sendiri sangatlah penting. Tidak hanya mengenal kekuatan atau kelebihan diri kita saja, mengenali batas kemampuan diri kita juga sangat penting. Dengan begitu, kita dapat mengukur apakah tugas di tempat kerja sesuai dengan kemampuan diri kita atau tidak. Kita uga dapat memperhitungkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan beban kerja Anda. Selain itu, Anda dapat terhindar dari rasa lelah berlebihan.

 

  1. Bicarakan dengan atasan Anda
    Bagi sebagian orang, berbicara dengan atasan atau melakukan sesi curhat kecil terkadang merupakan hal yang agak canggung. Tapi, cobalah bicarakan mengenai stres yang Anda alami kepada atasan.
    Anda juga berhak untuk menolak atau mengatakan tidak pada atasan, jika merasa beban yang diberikan sudah melewati batas kemampuan,  atau bahkan beban pekerjaan yang diberikan di luar dari tanggung jawab pekerjaan. Tujuannya bukan untuk mengeluh, melainkan untuk membuat rencana efektif dalam mengelola stres kerja.
  1. Lupakan pekerjaan sejenak
    Beban atau target pekerjaan tidak jarang membuat seseorang menjadi stres. Bahkan tidak jarang, hal ini dapat berdampak dan menimbulkan masalah lain di kehidupan pribadi. Jika Anda merasa diri Anda sudah berada di tahap ini, cobalah untuk mengistirahatkan diri Anda sejenak.
    Lupakan pekerjaan sejenak dan carilah hiburan yang dapat membuat Anda tertawa. Tertawa dapat memberikan dampak positif bagi tubuh dan jiwa Anda. Jangan lupa bahwa cuti adalah hak Anda, dan jika memang diperlukan, Anda bisa mengambil cuti selama beberapa waktu untuk menenangkan diri dan menjauhi stres kerja.
  1. Cobalah melakukan meditasi
    Mungkin Anda merasa bahwa meditasi atau yoga bukanlah gaya Anda. Tapi tentu tidak ada salahnya melakukan aktivitas ini. Meditasi dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jiwa dan fisik Anda dengan menumbuhkan rasa keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian. Selama sesi meditasi, Anda dapat lebih memfokuskan perhatian dan menenangkan arus pikiran yang membuat kepala terasa penuh dan stres.

 

Memang terdengar susah susah gampang ya, pals. Tapi, gak ada salahnya kok tips tersebut buat dilakukan. Semoga kita semua terhindar dari yang namanya stress berlebihan ya, agar kita tetap hidup dengan bahagia, aman dan sentosa.